Cetak
PDF
07
Maret
2011

Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini

Anak TK

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Pendidikan ini diberikan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Secara umum tujuan pendidikan anak usia dini adalah mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini, perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :

a. Berorientasi Pada Kebutuhan Anak.

Anak usia dini adalah anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai optimalisasi semua aspek perkembangan fisik, intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosional.

b. Berorientasi Melalui Bermain.

Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan dan mengambil kesimpulan mengenai sesuatu di sekitarnya.

c. Lingkungan yang Kondusif.

Lingkungan yang menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan serta kenyamanan dapat mendukung kegiatan belajar.

d. Menggunakan Pembelajaran Terpadu.

Pembelajaran pada anak usia dini harus menggunakan konsep pembelajaran terpadu yang dilakukan melalui tema. Tema yang dibangun harus menarik dan dapat meningkatkan minat anak dan bersifat kontekstual. Sehingga anak mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas sehingga pembelajaran menjadi mudah dan bermakna bagi anak.

e. Mengembangkan Berbagai Kecakapan Hidup.

Melalui proses pembiasaan, anak belajar untuk menolong diri sendiri, mandiri dan bertanggung jawab serta memiliki disiplin diri.

By: Henny Maria, s.Pd