Sejarah

in Profile
14. 08. 15
posted by: Administrator

Foto Jadoel 01Foto Jadoel 02Foto Jadoel 03Foto Jadoel 04

Sekolah Kristen Immanuel merupakan lembaga pendidikan formal yang bertanggung jawab dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk manusia Indonesia yang seutuhnya berdasarkan Pancasila sebagai falsafah negara. SKI saat ini berada di bawah naungan GKKB Jemaat Pontianak c.q. YGPKB.

SKI sendiri memiliki sejarah yang panjang hingga berkembang sampai saat ini. Sejarah SKI tidak lepas dari sejarah GKKB yang menaunginya. Dimulai dari tahun 1933 saat beberapa orang Kristen dari Tiongkok memulai ibadah di rumah yang terletak di jalan Dahlia (Kompleks SD Kristen Immanuel, Jl. Sisingamangaraja XII saat ini). Pada tanggal 6 Juni 1935 di lokasi tersebut, secara resmi berdirilah Zhōng Huá Jī Dū Jiào Huì (中华基督教会), yang pada hari ini dikenal sebagai Gereja Kristen Kalimantan Barat Jemaat Pontianak.

Pada tahun 1948, berdirilah sekolah “Lok Yok” (yang berarti “sukacita”) yang berbahasa Tionghoa, di dalam kompleks Gereja. Pada tahun 1953, dibentuklah Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali dengan akta yayasan No. 8 tanggal 18 September 1953. Yayasan ini dibentuk dengan tujuan untuk mengelola aset gereja agar dapat berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah sekolah “Lok Yok”. Pada perkembangan selanjutnya Sekolah Tionghoa “Lok Yok” berubah nama menjadi SD Swasta Protestan - yang merupakan sekolah nasional berbahasa Indonesia.

Pada tanggal 1 Juli 1979, SD Swasta Protestan resmi berganti nama menjadi SD Kristen Immanuel, yang dipakai sampai dengan hari ini. Pada tahun 1976, Sekolah Kristen Immanuel menambah unit baru yaitu TK Kristen Immanuel dengan izin operasional No. 040/Kep/1976, dahulu bertempat di Kompleks SD Kristen Immanuel, kemudian pada tahun 1980, dibangun Gedung TK di di Jl. Gajahmada No. 250 (samping Gedung GKKB jemaat Pontianak) yang berjumlah 6 lokal pada awalnya. Pada tahun 1979, SKI juga menambah unit sekolah baru yakni unit SMP Kristen Immanuel, dengan surat izin operasional No. 531/I.14RI/1979. Pada mulanya SMP ini memakai lokasi yang sama dengan SD, dan baru pindah ke lokasi sekarang di Jl. Letjen Sutoyo pada tahun 1987.

Seiring dengan berjalannya waktu, SKI terus berkembang pesat sehingga saat ini sudah memiliki 9 unit sekolah, yaitu 2 unit TK, 2 unit SD, 2 unit SMP, 2 unit SMK dan 1 unit SMA ditambah dengan 3 unit Bilingual yang terdiri dari SD IBC, SMP IBC dan SMA IBC; dengan jumlah murid saat ini lebih dari 6000 jiwa. Puji Tuhan untuk kasih setia-Nya yang senantiasa menaungi Sekolah Kristen Immanuel hingga menjadi salah satu sekolah swasta terbesar di Kalimantan Barat saat ini. Semoga di tahun-tahun berikutnya Sekolah Kristen Immanuel dapat terus berkembang untuk memperluas ladang pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat Kalimantan Barat secara khusus dan Indonesia pada umumnya. Amin.