Gemar Membaca dan Mewarnai

Kegiatan membaca bagi anak-anak sejak usia dini sangat bermanfaat untuk membuat mereka gemar membaca sehingga menambah wawasan mereka. Oleh karena itu, TK Kristen Immanuel selalu mengadakan kegiatan membaca bagi anak-anak, baik di dalam kelas maupun kunjungan ke perpustakaan.

Salah satu kegiatan yang baru dilaksanakan, yaitu pada hari Kamis dan Jumat, 19 dan 20 April 2018, TK Kristen Immanuel bekerja sama dengan pihak PT. Penerbit Erlangga mengadakan kegiatan membaca dan mewarnai. Pihak Erlangga membawa berbagai jenis buku cerita untuk dibaca anak-anak TK Kristen Immanuel.

Guru dari masing-masing kelas membawa turun anak-anak untuk membaca sesuai jadwal yang sudah diatur (20 menit). Anak-anak dibacakan buku cerita oleh salah seorang guru sebelum mereka memilih sendiri buku cerita yang mereka sukai. Beberapa anak ditunjuk oleh guru untuk membacakan buku cerita kepada teman-temannya. Bahkan, ada juga anak yang berinisiatif untuk maju dan membacakan cerita bagi teman-temannya. Sungguh hebat anak-anak ini, bisa membacakan buku cerita, padahal mereka masih kecil.

Kebanyakan buku yang dibawa oleh pihak Erlangga adalah buku tentang binatang, pembinaan karakter, dan lain sebagainya. Buku-buku yang dibawa ini adalah buku-buku yang sangat disukai oleh anak-anak. Anak-anak sangat menikmati momen khusus ini. Mereka memilih buku, melihat-lihat gambarnya, membaca tulisannya (bagi anak yang sudah bisa membaca), meletakkan kembali bukunya dan memilih buku cerita yang lain lagi.

Selain membawa buku-buku untuk dibaca oleh anak, pihak Erlangga juga membawa buku-buku untuk pameran. Banyak orang tua murid yang antusias melihat dan memilih buku yang ingin mereka beli. Semoga melalui kegiatan ini, orang tua semakin disadarkan akan pentingnya kegiatan membaca bagi anak-anak sejak usia dini.

Selain kegiatan membaca, pihak Erlangga juga mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak TK Immanuel. Anak-anak TK A dan TK B mengerahkan kemampuan mereka untuk mewarnai gambar yang dibawa datang oleh pihak Erlangga. Setelah selesai lomba mewarnai, pihak Erlangga memberikan hadiah kepada pemenang-pemenang lomba mewarnai untuk tiap kelompok, yang terbagi atas tiga pemenang utama dan 15 pemenang berbakat. Anak-anak sangat menikmati kegiatan ini.

Kegiatan membaca dan mewarnai yang diselenggarakan oleh pihak Erlangga selama dua hari ini juga bertepatan dengan perayaan Hari Kartini. Khususnya pada hari Jumat, 20 April 2018, anak-anak memakai kebaya dan juga pakaian adat dari berbagai daerah serta ada juga yang memakai baju batik. Melihat anak-anak yang memakai pakaian dari berbagai daerah ini mengingatkan kita akan keberagaman yang dimiliki oleh negara Indonesia. Sungguh alangkah indahnya. Kiranya anak-anak Indonesia ini menjadi anak-anak yang cerdas dan mengabdi kepada bangsa dan negaranya melalui kegiatan gemar membaca dan berkreasi melalui kegiatan mewarnai. Terima kasih Erlangga, telah mengunjungi dan bekerja sama dengan TK Kristen Immanuel untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak usia dini.

Penulis,

Su Santi, S.Kom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *