Handi Halim, anggota Tim Olimpiade Kebumian Indonesia siap ikuti 13th International Earth Science 2019 di Daegu, Korea Selatan

Dengan akan diselenggarakannya 13th International Earth Science Olympiad (IESO) di Daegu, Korea Selatan pada tanggal 26 Agustus s.d. 3 September 2019, Indonesia melalui Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengirimkan tim untuk berpartisipasi pada olimpiade tersebut. Tim Indonesia terdiri dari 4 orang siswa yaitu :

1. Ivan Muhammad Mahendra (MAN Insan Cendekia Gorontalo)
2. Handi Halim (SMA Kristen Immanuel, Pontianak)
3. M. Eko Akbar Heriyanto (SMAN 1, Salatiga)
4. Karina Imani (SMA Kristen Ipeka Sunter II, Jakarta)

“Jangan dijadikan sebuah beban yang akhirnya membuat kalian kurang maksimal. Jangan takut menghadapi lawan-lawan dari negara lain. Bertanding di tingkat internasional adalah hak kalian. Kalian sudah berproses dan berjuang dari mulai seleksi kabupaten hingga pembinaan, buktikan bahwa indonesia bisa. Di korea nanti bawa nama baik Indonesia, bersikaplah yang sopan, dan cari teman sebanyak banyaknya selama disana” ucap Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan SMA dalam pelepasan Tim Olimpiade Kebumian Indonesia di kantor Direktorat Pembinaan SMA.

Pada olimpiade ini, tes akan diberikan dalam bentuk tes teori, tes praktek lapangan dan tes praktek laboratorium untuk memperebutkan medali emas, perak dan perunggu serta penghargaan khusus lainnya yang disediakan. Uniknya pada IESO juga terdapat kompetisi berupa International Team Field Investigation (ITFI), dimana para peserta akan dibagi dalam kelompok campuran yang anggotanya dari berbagai negara dan kemudian diminta menyelesaikan sebuah tugas di lapangan serta mempresentasikannya. Selain itu juga diadakan kompetisi berupa Earth Science Project (ESP), dimana kelompok tersebut juga akan diberi tugas untuk mendiskusikan topik khusus dan membuat poster. Penghargaan khusus akan diberikan pada tim terbaik pada kompetisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *