PARENTS’ DAY MOMENT KEBERSAMAAN YANG TAK TERLUPAKAN

Parents’Day sebagai hari mama papa merupakan acara rutin tahunan yang diadakan di TK Immanuel Pontianak, kegiatan Parents’Day biasanya dilaksanakan pada bulan Mei. Untuk melaksanakan event besar ini selalu dibentuk sebuah panitia, pada perayaan Parents’Day kali ini diketuai oleh Ibu Candy. Kegiatan Parents’Day dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada hari Kamis tanggal 9 Mei khusus untuk kelompok Nursery, Kelompok Bermain, dan kelompok A, sedangkan dan hari Jumat tanggal 10 Mei. khusus untuk kelompok B.

Pagi–pagi  saat  perayaan Parets’Day tampak anak-anak datang didampingi oleh papa dan mama, dan ada yang bersama mereka disambut oleh para guru dan dipersilahkan duduk ditempat yang telah disediakan untuk anak-anak dan para orang tua, tepat pukul 07.30 Ibu Anggrieni dan Teacher Rita naik ke panggung untuk memandu acara. Anak-anak diajak bernyanyi beberapa lagu, setelah itu Ibu Henny Maria memimpin doa pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan renungan yang dibawakan oleh Ibu Elisa sebagai Gembala Sekolah. Pada kesempataan ini Ibu Elisa membawakan renungan yang terambil dari Kitab Amsal 17:6  yang menekankan bahwa semua manusia berperan sebagai anak dan orang tua, dan mahkota adalah sesuatu yang didapat sesuai dengan jalan kebenaran dan hidup sebagai lambang kehormatan dan kemuliaan (intinya sebagai orang tua kita harus mewariskan hal-hal yang baik kepada anak ,karena hal tersebut akan berlanjut ke generasi-generasi  berikutnya). Selesai renungan  dilanjutkan gerak dan lagu, puisi ,dan bernyanyi bersama sebagai ungkapan terima kasih anak-anak kepada papa dan mamanya. Pada kesempatan ini juga diadakan acara doorprize dimana setiap kelas mempunyai kesempatan mendapat doorprize yang telah disediakan oleh para sponsor yaitu: Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali (YGPKB) yang menaungi Sekolah Kristen Immanuel, Kaisar Swalayan, Greenfield, Konimex,King Arwana, Lex Photography, Tupperware, Fun Station, Panin Bank, Oevang Oeray, Bantex, Trans Studio Mini Kubu Raya, Prodia, dan Erlangga. Selesai pembagian doorprize acara di main hall ditutup dengan doa.

Acara Parents’Day tidak hanya dilangsungkan di ruangan saja, karena di lapangan juga telah menunggu berbagai perlombaan yang sangat seru, Ada beberapa lomba yang dimainkan oleh para papa, mama,  dan tim keluarga. Adapun perlombaan yang dimainkan oleh para papa adalah lomba Estafet Memindahkan dan Menyusun Kaleng (tiap regu 3 orang ), untuk para mama diadakan lomba Jalan Sehati (5 orang tiap regu), Estafet Gelang Karet (5 orang tiap regu) dan Estafet Memindahkan Kelereng dengan Sumpit (4 orang tiap regu). Untuk perlombaan keluarga diikuti oleh papa,mama dan anak yaitu lomba Estafet sarung dan Estafet Memindahkan Air dengan spon dan gelas. Untuk memeriahkan acara lomba tersebut panitia telah menyediakan hadiah yang menarik dan semua kelas mengutus perwakilannya mengikuti lomba tersebut.

Jika pada acara di main hall diliputi oleh rasa haru dan tetesan air mata, maka pada kegiatan lomba di lapangan para penonton tertawa menyaksikan adegan–adegan lucu yang dilakukan oleh para papa, mama, dan anak saat berlomba. Semua kegiatan lomba yang dilaksanakan pada acara Parents’ Day ini bertujuan untuk lebih mempererat tali kasih  dan kebersamaan antara papa, mama, dan anak  yang mungkin selama ini jarang dirasakan karena kesibukan masing-masing, selain itu kegiatan ini juga untuk bertujuan untuk menjalin persaudaraan antara orang tua, dan menjalin kerjasama pihak sekolah dan orang tua murid.

Setelah semua acara lomba  dilaksanakan, para orang tua dan anak berkumpul kembali di lapangan untuk mendengar pengumuman para pemenang lomba dan pencabutan undian doorprize utama. Kegembiraan  tidak hanya dirasakan oleh para pemenang lomba saja tetapi juga tampak di wajah para guru dan orang tua  yang kelasnya memenangkan lomba, mereka melompat kegirangan saat kelasnya dibacakan sebagai pemenang lomba. Selesai mengikuti semua acara para pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman disetiap stand yang disediakan, dan berfoto bersama di stand photo-booth. Perayaan Parents’Day memang merupakan moment kebersamaan yang tak akan terlupakan kata mereka kepada penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *