Study Tour ke Kantor Pos

Kegiatan mengunjungi kantor pos anak-anak TK Kristen Immanuel merasa senang, yang dilakukan secara bergilir selama 4 hari. Dimulai tanggal 19, 20, 21, dan 26 Februari 2019. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai tema pembelajaran tentang “pekerjaan”.

Anak-anak terlihat sangat antusias dan senang ketika sampai di kantor pos, karena bagi mereka tempat itu adalah baru. Kunjungan pertama dimulai oleh kelompok B2 & B7 pada tanggal 20 Februari 2019, tanggal 21 Februari 2019 kelompok B3 & B6, tanggal 25 Februari 2019 B4 & B8, dilanjutkan oleh kelompok B1 & B5 pada tanggal 26 Februari 2019.

Anak-anak berangkat dari sekolah menuju kantor pos yang berada di Jl. Slt. Abdurrahman Pontianak. Selama 4 hari berkunjung di kantor pos kegiatan dimulai pukul 09.30-10.15 WIB. Adapun tujuan anak-anak mengunjungi kantor pos adalah sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan salah satu jenis pekerjaan/profesi kepada anak-anak yaitu tukang pos.
  2. Mengamati tempat pekerjaan dalam hal ini kantor pos.
  3. Menjelaskan kepada anak-anak tentang tugas-tugas seorang tukang pos.
  4. Anak-anak melakukan praktek langsung mengirim surat yang telah mereka tulis untuk orang tua mereka di kantor pos.

Setibanya di kantor pos anak-anak duduk di kursi sambil menunggu petugas kantor pos yang akan menjelaskan tentang kegunaan dari pos dan perangko. Anak-anak membawa surat yang sudah dimasukkan ke dalam amplop dan siap untuk dikirim kepada mama dan papa mereka dengan alamat yang lengkap, dan mengumpulkan uang sejumlah Rp.3.000 untuk pembelian perangko. Setelah petugas menjelaskan kegunaan pos anak-anak maju secara bergantian untuk menempel perangko dan mencap yang dibantu oleh petugas yang ada di kantor pos. surat dimasukkan ke dalam bis surat yang gunanya untuk menyimpan surat-surat yang siap untuk dikirim.

Setelah anak-anak selesai memasukkan surat ke dalam bis surat, petugas kantor pos, mengajak anak-anak mengelilingi ruang sortir yaitu tempat cara pengiriman surat serta memperkenalkan pak pos yang akan mengantarkan surat-surat ke alamat yang dituju. Pada kesempatan ini petugas pos juga ikut berfoto bersama anak-anak.

 

 

Koordinator tema pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *