Perayaan HUT Kota Pontianak di Sekolah Kristen Immanuel

Foto Berita 28
2022-10-23
SD 1, SMK 1, SD IBC

Sebagai bentuk ucapan syukur atas pemeliharan Tuhan selama 251 tahun untuk Kota Pontianak, Sekolah Kristen Immanuel juga turut bergembira dan merayakannya. Mengingat bahwa KBM sudah berjalan luring, maka perayaan HUT Kota Pontianak di Sekolah Kristen Immanuel juga dilaksanakan secara luring dengan mengusung tema “Pontianak Kuat, Pontianak Hebat” sesuai dengan tema HUT Pontianak ke-251. Siswa-siswi terlihat antusias karena dapat kembali melakukan perayaan secara komunal dan terlebih lagi diizinkan memakai pakaian khas daerah ke sekolah. Perayaan SD IBC dimulai dengan pemutaran sejarah video Pontianak dan diikuti dengan pagelaran busana daerah dan pembuatan mading. Lewat peragaan busana, siswa kelas 1-2 belajar mengenali baju khas Pontianak (Telok Belanga yang dipakai oleh laki-laki dan Baju Kurong yang digunakan oleh perempuan). Siswa-siswi juga tetap diajarkan bahwa ada banyak etnis lain yang berdomisili di kota Pontianak. Siswa belajar bangga dengan identitas mereka dan juga menghargai keberagaman yang ada di sekitar mereka.

SDK Immanuel ikut memeriahkannya dengan menggunakan kostum daerah Melayu Pontianak dan daerah lainnya. Di samping itu juga, SDK Immanuel merayakan dengan mengadakan perlombaan menghias Mading Kelas dengan Tema “Kebudayaan Kote Pontianak” untuk meningkatkan kompetensi literasi dan gemar membaca siswa.

Pembuatan mading oleh unit reguler dan IBC pertama-tama bertujuan membangkitkan rasa syukur siswa terhadap penyertaan Tuhan atas sejarah kota Pontianak. Sikap tersebut diterapkan ketika mereka bersama membagi tugas mengumpulkan informasi, gambar dan mendekorasi majalah dinding di kelas. Kemudian, dalam kegiatan ini, siswa juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta sebagai penduduk Pontianak. Mereka juga belajar menerima kemenangan dan kekalahan dalam porsi yang wajar. Akhirnya, lewat acara perayaan HUT Pontianak ini, siswa diharapkan dapat menjadi warga Pontianak yang kuat dan hebat dalam bidang sosial, akademis, dan spiritual.

Sementara itu SMK Kristen Immanuel Pontianak dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Pontianak Ke-251, Tim Musik Oriental Immanuel dari SMK Kristen Immanuel Pontianak mempersembahkan lagu daerah "Aek Kapuas".