Recharge Week

Foto Berita 29
2022-10-20
TK 1, TK 2, SD 2, SMK 2, SMP IBC

Recharge Week merupakan salah satu program dari Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali (YGPKB) yang diikuti oleh semua unit Sekolah Kristen Immanuel (SKI) mulai dari tingkat TK sampai SMA/SMK. Kegiatan yang dilakukan untuk mengisi recharge week tersebut diatur oleh unit masing-masing. TK Kristen Immanuel mengisi kegiatan ini dengan mengadakan pelatihan “Merancang dan Memandu Refleksi” yang difasilitasi oleh Dewan Komite Pembelajaran (DKP) kepada semua guru. Semua guru dibekali dengan materi yang berguna mengenai manfaat, metode dan bagaimana cara memfasilitasi kegiatan refleksi dengan baik di dalam kelas. Selain menerima materi, guru-guru juga melakukan praktik dengan mengerjakan lembar kegiatan baik secara individu maupun kelompok.

Di TK dan SD Kristen Immanuel II, mereka mengisi kegiatan ini dengan pembinaan, diawali dengan senam bersama. Saat senam bersama, seluruh guru dan staf terlihat bersemangat untuk menggerakkan tubuhnya dan terkadang sambil bercanda ria satu sama lain. Setelah kegiatan senam selesai, lanjut dengan sesi penyampaian materi oleh Ev. Herfianton Lim. Ada dua sesi dengan topik berbeda, yaitu "Engkaulah Allah, dan aku ini hambaMu" dan "Aku Tidak Sendiri". Setelah selesai kedua sesi, guru dan staf masuk ke dalam kelompok kecil untuk sharing pengalaman pribadi masing-masing terkait materi.

OSIS SMP IBC juga mengisi recharge week dengan jalan sehat, games piramid baper dan ping pong, senam, sharing, makan bersama dan foto-foto. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempererat kebersamaan antara anggota OSIS dan untuk memberikan apresiasi bagi para anggota OSIS yang sudah bekerja dengan baik dalam rangka menyukseskan acara SMP IBC. Kegiatan untuk me-refresh dan me-recharge tim OSIS. Siswa/i anggota OSIS yang telah berjeri lelah menjadi pelaksana akhirnya bisa merasakan keseruan menjadi peserta. Dan pada hari terakhir recharge week, para guru dan staf SMP IBC menikmati waktu dengan mengadakan kegiatan memasak dan makan bersama.

Adapun pada SMK Kristen Immanuel II kegiatan pelatihan guru tentang "Inquiry Question" oleh narasumber Eka Widjajanti.

Sekolah Kristen Immanuel selalu berkomitmen meningkatkan kompetensi guru. Bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Agama Kristen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pelita Harapan (UPH), SKI mengadakan pelatihan Project Based Learning bagi Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan Guru-guru Pendidikan Agama Kristen pada tanggal 30 September 2022. Lindawati, S.H., M.Div., M.Th. (K) dan Wiputra Cendana, B.Ed., M.Pd.. Kiranya pelatihan ini menolong guru semakin berkompeten di dalam mengelola pembelajaran.

Sekolah Kristen Immanuel juga bekerja sama dengan Inspiring Training (IT)-34 mengadakan pelatihan futsal bagi guru-guru olahraga/pelatih futsal. IT-34 adalah lembaga kristen yang melayani anak-anak melalui bidang olahraga. Pelatih dalam kegiatan ini adalah Frans Sanger dan Yansen Oktavianus.