Keterlibatan Orang Tua dalam Kegiatan Pembelajaran Topik “Keluarga”

Foto Berita 246
02/10/2023
TK 2, Kegiatan

Pada Hari Kamis, tanggal 21 September 2023 TK Kristen Immanuel II secara khusus mengundang orang tua/wali murid ke sekolah untuk melakukan kegiatan pembelajaran bersama dengan anak dalam rangka topik pembelajaran tentang keluarga yang sedang dipelajari anak-anak. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 sampai pukul 10.00 pagi. Terlihat sebelum pukul 07.00, para orang tua/wali bersama dengan anak-anak datang ke sekolah dengan mengenakan pakaian olahraga yang menandakan bahwa mereka sudah siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah.

Kegiatan di awali dengan berdoa, pemberian salam, bernyanyi dan devosi bersama di aula dan dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama di hall. Orang tua/wali sangat semangat dan antusias dalam melakukan kegiatan senam. Hampir semua orang tua/wali mau mengikuti gerakan senam bersama guru dan anak. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan permainan “Jembatan Koran”. Dalam permainan ini, orang tua/wali harus bekerjasama dengan anak untuk mencapai garis finish dengan menggunakan kertas koran. Anak-anak dan orang tua/wali terlihat sangat sukacita dan dapat melakukan permainan dengan penuh semangat dan antusias. Setelah itu, anak-anak dengan orang tua/wali istirahat dan makan bersama.

Terakhir sampailah kita ke kegiatan puncak yaitu kegiatan kreativitas membuat hasil karya tentang anggota keluarga. Anak-anak dan orang tua/wali diajak untuk membuat hasil karya anggota keluarga dari berbagai media seperti piring kertas, benang wol, kertas origami, kapas, payet, pita dan lain sebagainya. Orang tua/wali dan anak terlihat dapat bekerjasama dengan baik dan penuh sukacita dalam membuat hasil karya tersebut.

Bersyukur untuk kegiatan pelibatan orang tua/wali dalam kegiatan pembelajaran yang boleh berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak maupun orang tua juga terlihat senang, antusias dan bersemangat. Dari hasil refleksi dengan 2 orang tua/wali murid, mereka menyambut baik kegiatan seperti ini karena bisa mendekatkan hubungan orang tua dan anak, meningkatkan kerjasama orang tua/wali dengan pihak sekolah dan menjalin relasi yang baik antara orang tua/wali yang satu dengan yang lain. Terima kasih untuk orang tua/wali murid yang sudah menyediakan waktunya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Immanuel.