Pameran Koleksi Senjata Tradisional

Foto Berita 271
06/11/2023
SMP 1, Kegiatan

Pameran temporer untuk memperingati hari Museum Indonesia dilaksanakan oleh UPT Museum Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 12 – 18 Oktober 2023. Adapun pameran yang dilaksanakan pada tahun ini adalah pameran temporer senjata tradisional. Siswa SMP Kristen Immanuel Pontianak berkesempatan untuk mengikuti pameran tersebut.

Siswa yang berjumlah 39 orang berangkat dari sekolah pada pukul 12.50 WIB pada tanggal 16 Oktober 2023. Setelah sampai di museum, siswa dibrefing terlebih dahulu oleh pihak penyelenggara. Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti pameran tersebut, ada banyak senjata tradisional khas Kalimantan Barat yang dipamerkan. Deskripsi lengkap juga diberikan pada setiap senjata yang dipamerkan. Setelah puas berkeliling melihat senjata tradisional khas Kalimantan, siswa kembali berkumpul di depan tempat pameran untuk mengikuti kuis yang diadakan oleh pihak museum. Terdapat beberapa hadiah yang disiapkan mulai dari voucher belanja, payung dan kipas.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan pengalaman pendidikan yang berharga, tetapi juga memperkuat kesadaran tentang pentingnya melestarikan budaya lokal. Selain itu, momen ini membuat siswa dapat merasakan kekayaan budaya dan sejarah Kalimantan Barat melalui senjata-senjata tradisional yang memukau, serta membuat siswa memahami lebih lagi nilai-nilai budaya dan tradisi yang melekat pada senjata tradisional tersebu. Ini adalah langkah yang bagus dalam upaya melestarikan dan menghormati warisan budaya yang kaya di Kalimantan Barat.