Metamorph in Christ - Retret SMPK Immanuel

Foto Berita 298
04/12/2023
SMP 1, SMP IBC, Kegiatan

Pada tanggal 1-3 November 2023, SMP Kristen Immanuel Pontianak mengadakan sebuah retret yang bertempat di Wisma Tabor dengan tema "Metamorph in Christ". Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memperkuat hubungan spiritual serta transformasi pribadi siswa dalam iman Kristiani. Keberangkatan para peserta dilakukan pada tanggal 1 November 2023 dengan penuh antusiasme dan semangat.

Retret ini diawali dengan sesi penyampaian mengenai "Aku dan Duniaku", di mana siswa diajak untuk merenungkan hubungan mereka dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar dari perspektif kristiani. Pada hari kedua, momen mengharukan terjadi saat seluruh siswa mendengarkan firman Tuhan dan diajak merefleksikan diri. Seluruh siswa diminta untuk menulis manusia lama dan harapan pada dirinya sendiri. Siswa juga diajak untuk membakar kertas berisi manusia lama sebagai simbolis bahwa seluruh manusia lama yang membelenggu dapat lenyap. Setelah momen haru tersebut dilewati, siswa diajak untuk nonton bersama film yang menginspirasi dan memberikan pandangan baru terhadap nilai-nilai agama dan kehidupan. Selain itu, kegiatan saat teduh dan sharing dalam kelompok kecil menjadi wadah untuk berbagi, berdiskusi, dan mendalami materi yang telah disampaikan. Diskusi dalam kelompok kecil ini menjadi momen penting untuk merangsang pemikiran kritis siswa serta memperkuat hubungan antarpeserta.

Momen yang juga sangat dinantikan adalah outbound yang diisi dengan berbagai games menarik. Mulai dari Mouse Trap yang membutuhkan kerjasama tim, estafet gelas plastik menggunakan balon yang menguji kecepatan dan ketelitian, hingga jaring laba-laba yang mengajak siswa berkolaborasi dalam mengatasi tantangan. Selain itu, games lain seperti angkat dan taruh botol air, water estafet, dan pipa bocor menjadi bagian tak terpisahkan dari outbound tersebut. Setiap games memberikan pelajaran penting tentang kerjasama tim, komunikasi, keberanian, dan keterampilan lainnya.

Dalam retret ini, terdapat banyak kejadian luar biasa yang tak terlupakan. Ada momen haru saat siswa-siswi mengalami perjumpaan dengan Kristus, membangun komitmen hidup baru, saling mendukung dan memotivasi satu sama lain, serta momen menyenangkan ketika mereka bersama-sama menyelesaikan tantangan-tantangan dalam games.

Semua kegiatan yang dilakukan tidak hanya bertujuan untuk hiburan semata, namun juga memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para peserta untuk tumbuh dan berkembang dalam iman Kristiani mereka. Kehadiran mereka di retret ini mengubah cara pandang mereka terhadap hidup, menumbuhkan karakter yang baik dalam Kristus, dan mempererat hubungan di antara satu sama lain. retret berjalan dengan lancar tentunya karena berkat dan kasih Tuhan Yesus Kristus serta kerja keras seluruh tim yang ada. Tim kepanitian yang merupakan guru SMP Kristen Immanuel Pontianak telah menyelesaikan tugasnya dengan sangat baik.

Tak hanya SMPK Immanuel, SMPK IBC juga melaksanakan retret. Wisma Tabor pun juga menjadi lokasi retret siswa, dan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 November 2023. Metamorph in Christ sebagai tema tahun ini, diharapkan siswa dapat berubah pandangan maupun perilaku hidup menjadi lebih baik, dan meninggalkan perilaku yang lama bahkan sebenarnya merugikan diri mereka sendiri.

Perkembangan dunia secara global memberikan dampak signifikan bagi kehidupan manusia. Perkembangan dunia ini ditujukan langsung melalui pesatnya teknologi guna menunjang kehidupan manusia. Hedonisme, Egoisme, Instanisme, Antisosial bahkan Pornografi ikut mempengaruhi kehidupan manusia, tanpa disadari perilaku-perilaku tersebut mempengaruhi anak-anak muda saat ini.

Tujuan retret ini berfokus agar siswa memahami bahwa dirinya adalah orang berdosa dan memerlukan perubahan dalam Kristus, memahami Spiritual Kristen yang Alkitabiah yang berpusat pada Kristus dan menjadi firman Tuhan sebagai pegangan hidup, Memiliki dasar hidup yang berna dalam berpikir dan bertindak, bahkan diharapkan terjadi perubahan karakter, perilaku dan iman yang semakin serupa dengan Kristus.

Isi dari kegiatan retret siswa SMPK IBC, tahun ini diantaranya “Aku dan Duniaku”, “Aku dan Tuhanku”, dan “Mentamorph In Christ”. Semua siswa mengikuti dengan semangat hingga kehiatan berakhir, bahkan hal yang sederhana mereka pelajari, yakni dalam waktu makan, mereka harus menyesuaikan dengan selera, dan belajar untuk menghargai makanan. Keseruan dalam kegiatan ini terlihat saat Outbound, semangat gotong royong, bahkan membantu teman dalam team satu sama lain.

Puncak dari kegiatan ini adalah ketika mereka menyadari atas kesalahan, perbuatan, yang menuju pada dosa. Mereka menuliskan semua kelalaian mereka dalam sebuah kertas, dan membakar kertas tersebut dalam api. Kegiatan ini cukup memuaskan mereka untuk terus dan sadar atas perbuatan dan perilakunya, dengan harapan perubahan terus terjadi pada diri siswa untuk menjadi lebih baik.