Retret Siswa Kelas VI SDK Immanuel 1: Battleground – Menghadapi Tantangan Hidup dengan Kekuatan Rohani

Foto Berita 404
10/10/2024
SD 1, Kegiatan

Istilah 'retret' pasti tidaklah terdengar asing bagi sebagian orang di mana kegiatan ini bertujuan untuk memfokuskan diri dalam suatu hal dengan menjauhkan diri dari kesibukan sehari-hari.

Kegiatan retret merupakan salah satu kegiatan agenda tahunan yang diadakan oleh SD Kristen Immanuel. Pada hari Kamis dan Jumat (10 dan 11 Oktober 2024), SD Kristen Immanuel mengajak seluruh siswa-siswi kelas VI untuk mengikuti kegiatan retret yang bertemakan "BATTLEGROUND" di Rumah Retret St. Fransiskus Asisi Tirta Ria Pontianak.

Pada masa modern ini, para siswa dihadapkan pada berbagai tantangan dan godaan yang dapat mempengaruhi kehidupan rohani mereka. Rintangan tersebutlah yang menjadi fokus utama dalam retret ini, di mana retret ini dirancang dengan dasar peneladanan kisah Yusuf dalam Alkitab (Kejadian 37-45) yang bertujuan mengajarkan siswa untuk mengandalkan Tuhan menghadapi rintangan tersebut serta membimbing mereka dalam menghadapi pengaruh negatif dari teman, lingkungan, dan media sosial.

Kegiatan retret ini terbagi dalam dua sesi, yaitu Spiritual Battleground dan Social Battleground yang dibawakan oleh narasumber Bapak Nano Lim, M. Div.. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan retret ini, siswa dapat memperdalam hubungan mereka dengan Tuhan, menguatkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Kristen, serta membekali diri dengan kemampuan untuk menghadapi rintangan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun selama berlangsungnya kegiatan, para siswa dibagi menjadi 12 kelompok yang ditantang untuk melakukan talent show serta membuat yel-yel kelompok. Selain itu kegiatan outbound juga dilaksanakan pada hari kedua, di mana semua kelompok akan bersaing satu sama lain untuk mengumpulkan poin tertinggi. Diharapkan dengan adanya outbound ini para siswa dapat mengasah kemampuan kerja sama mereka dan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh panitia.

Foto Tambahan Berita 404