Budaya Hidup Sehat: Aksi Nyataku Sebagai Pelajar Pancasila

Foto Berita 49
20/12/2022
SMP 2, Kegiatan

SMP Kristen Immanuel II Sungai Raya sebagai Sekolah Penggerak di Kubu Raya telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Sebagai salah satu program wajib dalam Kurikulaum Merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). SMP Kristen Immanuel II Sungai Raya menyusun 3 (tiga) projek yang akan dilaksanakan sepanjang tahun ajaran 2022/2023.

Pada bulan November 2022, projek tema kedua yang diadakan yaitu “Budaya Hidup Sehat: Aksi Nyataku sebagai Pelajar Pancasila”. Projek ini diselengarakan sejak tanggal 9 September 2022 hingga 11 November 2022. Projek ini bersifat wajib diikuti oleh peserta didik kelas VII dan VIII.

Kegiatan Dilaksanakan Setiap hari Jumat

Projek dilaksanakan terjadwal setiap hari Jumat dengan tujuan untuk mengamati perkembangan karakter peserta didik sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan pada masing-masing projek. Tahapan kegiatan diawali dengan tukar ide atau gagasan bagaimana peserta didik melakukan proses dalam merawat kesehatan mental dan produk yang dihasilkan dalam bentuk tumpah ide, safari ide antar kelas. Tahapan lanjutan berupa praktik perawatan kesehatan mental berupa senam irama dengan iringan musik Lagu Pelajar Pancasila. Peserta didik secara berkelompok mampu mempraktikan dengan baik kreativitas baik gerakan dan kekompakan tim.

Aksi Nyata Pelajar Pancasila dan Panen Hasil Karya

Aksi nyata pertama bertujuan untuk membentuk rasa empati peserta didik terhadap orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Peserta didik secara berkelompok merancang aksi nyata yang menunjukan rasa empati terhadap orang lain atau lingkungan sekitarnya dalam kegiatan sehari-hari peserta didik. Peserta didik diminta membuat video atau poster serta mempresentasikan aksi nyata yang telah mereka lakukan secararollingke kelas yang telah ditentukan.

Aksi nyata kedua bertujuan untuk mengarahkan siswa merawat diri dengan mengkreasikan senam Pelajar Pancasila dan mempresentasikan senam tersebut. Peserta didik secara berkelompok menuangkan kreatifitasnya dalam membuat koreografi gerakan dan melatih kemampuan kepemimpinan siswa dalam mengkoordinasi tim.

Pada Jumat, 18 November 2022 dilaksanakan Panen Hasil Karya dilakukan sebagai kegiatan penilaian akhir yang dilakukan oleh fasilitator guru. Kegiatan dihadiri oleh Bapak Martin T. Teopilus, M.Pd. sebagai perwakilan dari Yayasan Gereja Kristen Kampung Bali dan Bapak Slamet Riadi sebagai pengawas sekolah.

Apresiasi Peserta Didik dan Wali Murid

Penghargaan diberikan kepada kelompok peserta didik yang melakukan Aksi Nyata pertama dengan penilaian terbaik dari fasilitator guru. Panitia turut mengundang orang tua atau wali murid untuk memberikan apresiasi karena turut serta mendukung suksesnya pelaksanaan Aksi Nyata. Pada moment ini, orang tua siswa membagi pengalamannya pada saat mendampingi peserta didik selama proses Aksi Nyata pertama.