Wisata Literasi

Foto Berita 54
20/12/2022
SMP 1, Kegiatan

Siswa SMP Kristen Immanuel wisata literasi ke Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 2 November 2022. Wisata literasi ini merupakan bentuk penguatan literasi di sekolah.

Kegiatan ini sudah dirancang dan terprogram jauh-jauh hari. Dalam kunjungan ke Perpustakaan Provinsi ini, diikuti oleh 39 siswa yang merupakan siswa kelas 9F. Adapun guru pendamping yakni Bapak Pabianus Simon, M.Pd., yang merupakan guru Bahasa Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, para siswa bersama guru pendamping berjalan kaki ke Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat yang terletak di Jalan Sutoyo, yang tidak jauh dari Sekolah Kristen Immanuel. Sesampainya di perpustakaan, rombongan SMP Immanuel sudah ditunggu oleh para petugas. Kemudian, siswa diberikan pengarahan serta pengenalan lingkungan perpustakaan secara umum. Siswa diajarkan juga cara mengisi buku tamu, cara menyimpan tas, cara meminjam buku, dan sebagainya. Setelah itu, mereka dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diarahkan ke lantai atas dan dipandu oleh beberapa petugas perpustakaan. Sedangkan kelompok kedua diarahkan di lantai dasar dipandu oleh beberapa petugas juga. Pembagian kelompok dilakukan agar lebih efektif dan terkontrol.

Tampak para siswa-siswi sangat tertib dan antusias mengikuti arahan petugas untuk menelusuri ruangan demi ruangan. Setelah itu, mereka diarahkan untuk mencari dan membaca buku seperti yang sudah ditugaskan oleh guru di sekolah. Sekitar dua jam di sana, mereka diarahkan oleh guru pendamping untuk berfoto bersama di depan gedung perpustakaan beserta para petugas perpustakaan dan guru pendamping. Setelah berfoto, siswa-siswi dipandu kembali ke sekolah dengan didampingi oleh guru pendamping.

Selain mendapatkan pengalaman baru, peserta didik juga dibuatkan kartu anggota Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat. Pembuatan kartu dilakukan secara kolektif yang dimotori oleh Bapak Pabianus Simon, M.Pd. Pembuatan kartu tidak dipungut biaya atau gratis dan tidak diwajibkan, tetapi antusias siswa-siswi sangat tinggi. Kini mereka sudah memiliki kartu anggota dan dapat berkunjung dan meminjam buku kapan saja.