SMA Kristen Immanuel Berhasil Mendapatkan Medali di ISIF 2022

Foto Berita 57
20/12/2022
SMA, SMA IBC, Prestasi

Siswa SMAK Immanuel Pontianak bernama Thomas Chrisant Denen, Herline Hardoyo, dan Jasmine Paskah Wang berhasil merebut medali emas dan dalam ajang lomba tahunan International Science and Invention Fair (ISIF) yang diselenggarakan oleh IYSA yang pada tahun 2022 ini bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

ISIF 2022 diselenggarakan secarahybriddan diikuti oleh 145 tim secaraofflinedan 469 tim secaraonlinedari 32 negara. Adapun negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Bulgaria, India, Amerika Serikat (Puerto Rico), Korea Selatan, Filipina, Iran, Uni Emirat Arab, Turki, Mesir, Kolombia, Belarus, Romania, Brazil, Algeria, Arab Saudi, Uruguay, Mexico, Nigeria, Nepal, Hong Kong, Serbia, Itali, Bolivia, Macau (China), Singapura, Kazakhstan, Lebanon, Vietnam. Penyelenggaraan ISIF 2022 secaraofflinediadakan di kota Singaraja, Bali dari tanggal 1 hingga 5 November 2022. Lomba ini dilakukan dalam bentuk pameran dan presentasi hasil penelitian dari para pelajar mulai jenjang SD hingga Universitas.

Tim SMAK Immanuel Pontianak mempresentasikan karya yang berjudul"Effects of Microgravity and UV-C Treatment on the Vegetative Growth of Bawang Dayak (eleutherine bulbosa)". Karya ini memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh mikrogravitasi dan paparan Radiasi Ultraviolet-C pada umbi bawang dayak sebagai upaya mempercepat pertumbuhan dalam budidayanya. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa mikrogravitasi dan paparan UVC dapat meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan tinggi tanaman bawang dayak setelah ditanam selama 40 hari.

Lomba ini dimulai dengan kegiatan"Booth Set-Up"di mana para peserta mengatur stand masing-masing dengan dekorasi dan poster penelitian yang telah disiapkan sebelumnya. Tim SMAK Immanuel Pontianak menghadirkan bawang dayak yang merupakan objek dalam penelitian ini. Bawang dayak menarik perhatian dan rasa ingin tahu para pengunjung, baik lokal maupun internasional. Lomba ini kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi yang dilakukan di masing-masing stand. Setiap tim hanya diberikan 15 menit untuk mempresentasikan penelitiannya kepada dua juri yang datang terpisah. ISIF 2022 dibuka untuk umum, pengunjung-pengunjung daristandlain ataupun masyarakat umum dapat berkunjung kestandpeserta. Kegiatan ISIF 2022 juga diisi dengan kegiatan seminarinventors talkpada tanggal 3 dan pengumuman hasil lomba pada tanggal 4. Pada akhirnya, tim SMAK Immanuel Pontianak meraih medali emas danMIICA Malaysia Semi Grand Award.