Lomba Karya Oriental Confucius Classroom

Foto Berita 87
15/02/2023
TK 1, TK 2, SD 1, SD 2, SMP 1, SMP 2, SMK 1, SMK 2, SMA, SD IBC, SMP IBC, SMA IBC, Kegiatan

Angpao, Meihua, lampion, kue-kue, dan kembang api merupakan bagian dari kemeriahan Imlek yang sudah dikenal anak-anak. Seharusnya, kemeriahanperayaan Imlek dan maknanya lebih dalam dari sekedar simbol-simbol material tersebut. Imlek, sebagai sebuahfestivalmerupakan momen penting untuk menyampaikan nilai-nilai budaya oriental. Nilai-nilai budaya tersebut menjadi karakteristik khusus bangsa-bangsa Timur, termasuk suku bangsa Tionghoa di Indonesia. 

Dalam rangka pengenalan dan edukasi budaya oriental,Confucius Classroom Immanuel(CCI) menyelenggarakan Lomba Karya-karya Oriental untuk seluruh siswa di Sekolah Kristen Immanuel (SKI). Kegiatan lomba dilaksanakan di CCI pada Sabtu, 28 Januari 2023. Karya-karya oriental yang dipertandingkan dalam lomba meliputi mewarnai untuk siswa TK dan SD, menggambar untuk siswa SD, kaligrafi pena untuk siswa SMP, dan membaca cerita untuk siswa SMA/K.

Seluruh unit SKI mengutus siswa-siswa terbaik sebagai peserta dan guru-guru Mandarin untuk berpartisipasi di dalam acara ini. Keluar sebagai pemenangan utama dalam acara lomba mewarnai tingkat TK dan SD adalah Emmanuel Sanjaya (TK Unit 1) dan Edelyn Andros Lim (SD-IBC). Griselda Evania Josan dari SD Unit 1 ditetapkan sebagai juara satu lomba menggambar tingkat SD. Kepiawaian dan ketekunan dalam menulis kaligrafi pena mengantarkan Vincent Candra (SMP Unit 1) sebagai juara pertama. Daniello Nobile Chieda dari (SMA-IBC), Wilvia Vinelia Theresia (SMA-IBC) dan Tyaga Pannavaro (SMK Unit 1) berhasil meraih posisi pertama untuk lomba Membaca Cerita Kelas XII, XI, dan X SMA/SMK.

Lomba Karya-karya oriental dalam rangka Imlek di tahun 2023 ini menjadi langkah awal untuk melanjutkan penerusan budaya Tionghoa di CCI. Saat sekarang CCI telah menyelenggarakan pelatihan alat musik tradisional Tionghoa, kaligrafi China, dan seni melukis China. Selain itu, CCI sebagai perluasan dari Confucius Institute Universitas Tanjungpura di lingkungan Immanuel juga akan mengadakan berbagai lomba serta pagelaran budaya-budaya Tionghoa. Upaya ini sejalan dengan komitmen Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali (YGPKB) untuk menyelenggarakan pendidikan terbaik bagi peserta didik di lingkungan SKI.

CCI mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh warga Immanuel. Sukses juga kepada siswa yang telah menjadi pemenang di dalam Lomba Karya-karya Oriental dalam rangka Imlek tahun 2023.