Bazzar Siswa SMP Kristen Immanuel II Sungai Raya Berjalan dengan Meriah

Foto Berita 96
06/03/2023
SMP 2, Kegiatan

SMP Kristen Immanuel II Sungai Raya mengadakan kegiatan Bazzar Siswa yang diadakan Kamis, 16 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema “Kewirausahaan-Wirausaha yang Bertanggungjawab”. Rangkaian projek ini diselengarakan sejak tanggal 18 November 2022 hingga 10 Februari 2023 dan puncaknya adalah kegiatan Bazzar Siswa. Projek ini bersifat wajib diikuti oleh peserta didik kelas VI dan VII.

Edukasi Wirausaha Sejak Dini

Projek ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan sebagai pendidikan awal siswa terhadap proses dan tahapan dalam berwirausaha serta membentuk siswa untuk menjadi wirausaha yang peduli dan bertanggung jawab. Siswa diharapkan dapat mandiri dan orientasi yang ingin dicapai adalah menjadi solusi dari sebuah permasalahan, atau wirausaha yang menjalankan bisnis membawa sebuah solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi tetap dengan membawa nilai ekonomis dalam bisnisnya.

Diawal projek, siswa mengikutiworkshopyang disampaikan oleh pengusaha Kaloci Bakti yaitu Bapak Bakti Mulyadi. Narasumber membagikan pengalamannya sebagai wirausahawan dan kiat-kiat jitu untuk memiliki usaha bisnis yang sukses. Workshop ini diadakan dengan tujuan agar siswa termotivasi dan memiliki kesempatan untuk bertanya langsung perihal kewirausahaan.

Pendampingan Rutin dalam Penentuan Produk Wirausaha

Guru sebagai fasilitator secara rutin memandu siswa dari sejak penentuan konsep wirausaha hingga pembuatan produk. Pendampingan dilakukan pada setiap hari jumat dengan jadwal yang telah ditentukan sehingga progres perkembangan siswa dapat dipantau secara langsung. Tujuannya adalah untuk memastikan siswa tidak mengalami kendala selama proses pembuatan produk wirausaha.

Selama pendampingan, siswa bekerja di dalam kelompok dan diarahkan agar kreatif dalam membuat produk inovatif. Pembuatan konsep dan presentasi seluruhnya murni hasil karya siswa sehingga siswa dapat benar-benar memiliki pengalaman pribadi dalam kewirausahaan. Siswa bahkan menemukan cara pemasaran dan promosi yang baik agar penjualan produk yang diciptakan efektif.

Bazzarsebagai Langkah Nyata Kewirausahaan Siswa

Puncak dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu Bazzar Siswa, diselenggarakan dengan antusiasme tinggi baik dari siswa, guru, Yayasan yang menaungi SKI, mitra maupun orang tua siswa. Pihak sekolah juga mengundang beberapa tokoh masyarakat yaitu Hamdan, S.T. dan Ariadi, S.E, M.M. untuk memberi motifasi kepada siswa yang telah mempersiapkan kegiatan dengan baik. AcaraBazzardimeriahkan dengan tarian tradisional dari siswa/i SMP Kristen Immanuel II Sungai Raya danlive musicdari siswa yang berbakat di bidang musik.

Rangkaian projek ditutup dengan penghargaan kepada 5 kelompok terbaik yang telah melakukan projek dengan baik.